Sore tadi saya punya kesempatan untuk berkunjung kesalah satu rumah produksi kopi. Di tempat ini mereka mengolah kopi mulai dari bentuk biji hingga menghasilkan bubuk kopi yang enak dinikmati oleh para pecinta kopi. Buat saya mungkin ini satu hal yang baru karena jujur saya bukan tipe orang pecinta kopi. Tapi kalau untuk mengetahui sesuatu yang baru itu yang paling saya suka.

Jadi dirumah produksi kopi ini mereka mengolah kopi salah satunya adalah seduhan kopi V60, mungkin bagi pecinta kopi ini sudah mengerti tipe kopi yang satu ini. Namun untuk menghasilkan kopi V60 ini ternyata butuh proses panjang sahabat pluks. Pertama sekali kita harus memilih biji kopi merah yang benar-benar baik kualitasnya untuk kemudian di fermentasi selama kurang lebih seminggu.
Nah setelah kopi tersebut selesai di fermentasi saatnya pengelupasan kulit sahabat pluks. Untuk mengelupas kulit kopi ini mereka menggunakan cara manual yaitu dengan cara ditumbuk. Dan setelah selesai ditumbuk maka biji kopi tersebut dicuci bersih dan kemudian dikeringkan. Biji kopi yang dihasilkan sering disebut gabah. Gabah ini merupakan biji kopi kering yang masih ada kulit arinya sahabat pluks.
Setelah gabah sudah dihasilkan maka ada tahapan lagi yang harus dilakukan, yaitu proses pengelupasan kulit ari dari biji kopi tersebut. Proses pengelupasan tersebut lebih sering menggunakan huller (kurang lebih seperti itulah sebutannya). Adanya proses pengelupasan ini adalah untuk menghasilkan biji kopi tanpa kulit ari atau sering disebut green been. Nah seperti inilah biji kopi yang dihasilkan setelah di huller.
Setelah greenbeen dihasilkan saatnya untuk roasting ( proses pembakaran biji kopi) untuk menghasilkan biji kopi yang berwarna coklat dengan aroma yang khas. Proses roasting ini dilakukan berdasarkan takaran biji kopi, nah kebetulan kami mencoba roasting 1/2 kg kopi jadi menggukan waktu 45 menit saja sahabat pluks. Nah setelah proses roasting selesai maka dihasilkan lah biji kopi roastbeen atau biji kopi yang sudah siap untuk digiling dan kemudian di seduh.
Setalah biji kopi roastbeen dihasilkan maka biji kopi tersebut akan di giling dengan menggunakan alat yang disebut grinder. Kopi yang sudah digiling akan menghasilkan bubuk kopi murni. Bagi para pecinta kopi, mereka langsung menikmatinya tanpa gula. Menurut mereka cita rasa kopi asli adalah seduhan bubuk kopi asli tanpa gula. 

Wah seru juga yah sahabat pluks mendalami kopi, tapi mungkin bagi saya belum sanggup untuk menikmati kopi tanpa gula, rasanya pasti sangat pahit seperti pahitnya hidup ini. ?

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading