Tag sejatinya adalah penanda sebuah tulisan. Fungsinya mirip seperti kategori namun lebih fleksibel. Kamu bisa saja menulis namamu sendiri di kolom tag tapi kamu tidak bisa melakukan hal yang sama di kolom kategori. Bagi seorang blogger tentu sudah sangat akrab dengan fitur yang bernama tag. Plukme yang merupakan platform baru juga tidak ketinggalan menyediakan fitur ini. 


Meski bersifat lebih fleksibel, tapi sebaiknya jangan asal-asalan dalam menggunakan fitur tag. Gunakanlah tag yang memang benar-benar sesuai dengan konten tulisanmu. Misalnya jika kamu menulis puisi di Plukme maka di kolom tag kamu bisa menggunakan kata yang berhubungan dengan tema puisimu, misal puisi kamu bergenre lucu, maka kamu bisa tambahkan tag lucu, atau humor. Jangan malah menggunakan tag horor, sedih atau apapun yang tidak berhubungan dengan puisimu. Kamu juga bisa menulis namamu di kolom tag agar pembaca mudah menemukan tulisanmu yang lain, tapi cukup nama kamu aja ya, nama mantan nggak usah!


Kenapa menggunakan tag yang sesuai konten itu sangat penting? karena layaknya sebuah price tag di supermarket, tentu kamu akan merasa jengkel apabila mendapati label harga di supermarket tidak sesuai dengan produk yang ada di rak, bukan? misalnya produknya berupa susu bayi tapi di bawahnya ada label bertulis kecap manis yang harganya jauh lebih murah. Jika seorang pengunjung tidak cermat membaca nama produk di label (biasnya nama produk dicetak jauh lebih kecil dari nominal harga) maka yang terjadi bisa saja si pengunjung akan kaget saat berada di kasir lantaran harganya jauh berbeda. Bisa dibayangkan bagaimana reaksi pembeli, kan?


Coba perhatikan gambar di bawah ini



Gambar tersebut adalah bagian dari cerpen yang saya post beberapa bulan yang lalu. Kalian pasti sudah sering melihat tulisan seperti itu di setiap akhir sebuah postingan di Plukme. Itu adalah tag. Disana ada 3 tag yang saya gunakan, yaitu Cerpen, Hacker, dan Plukme!, ketiga tag ini gak cuma numpang nangkring doang, loh. Para pembaca bisa menggunakan tag tersebut untuk mencari tulisan lain yang sejenis. Misalnya jika kita klik tag Cerpen itu, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.



Kita akan dibawa menuju ke sebuah halaman yang berisi berbagai macam tulisan yang juga menggunakan tag
Cerpen.


Nah Coba bayangkan ketika seorang pembaca sedang membaca sebuah cerpen di Plukme lalu ketika ia menekan tag Cerpen, yang muncul justru gosip artis. Atau ketika seorang sedang membaca cerita humor di Plukme, kemudian dia ingin mencari cerpen lain yang juga humor, tapi ketika dia menekan tag humor, yang muncul malah puisi, berita olah raga, resep masakan, atau tips mengencangkan payudara. Apa yang dia rasakan? bagaimana kalau kalian berada di posisi itu? pasti kecewa bukan? yang paling parah adalah, hal tersebut bisa berdampak pada nama baik Plukme dan para penggunanya secara global. Karena pengunjung akan merasa bahwa penulis di Plukme itu asal-asalan.

Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan tag. Pastikan kamu benar-benar memakai tag yang relevan dengan konten.


Selamat menulis!

sumber gambar: pixabay.com/BRRT

How do you react to this story?



317 Like 1K+ Views   6 Repost 

Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading