Bismillah

Nostalgia jadi pelengkap postingan hari ini. Nostalgia yang saya akan ceritakan tentang kaset pita. Kalau mengalami kaset pita pasti punya kenangan tersendiri yang sangat berharga dan ini kenangan saya.

Ibu dan bapak saya diawal karirnya sebagai penyiar radio pemerintah daerah. Keduanya senang mendengarkan lagu. Genrenya macam-macam dari klasik, pop, dangdut, rock, malah instrumentalia pun jadi kesukaan keduanya. Maklum penyiar yang menyiarkan aneka genre musik kesukaannyapun beragam genre. Hal itu yang menyebabkan saya terbiasa mendengarkan lagu-lagu.

Koleksi kaset lagunya banyak. Berak-rak disimpan di dekat tapenya. Waktu favorit mendengarkan kasetnya saat libur atau malam setelah mama selesai membereskan rumah. Kondisi rumah bersih, lampu ruang keluarga dimatikan, lagu terdengar dari speaker aktif. Biasanya yang distel lagu melodi memori, lagu everlasting memories atau instrumentalia. Lagu-lagu yang santai menemani malam.

Kaset pita banyak keunikannya. Tape untuk menyetel lagu biasanya ada radionya juga. Kalau ada lagu-lagu yang disiarkan oleh stasiun radio dan menjadi lagu favorit maka kaset pita yang kosong dipakai untuk merekam lagunya.

Kaset pita memiliki side A dan side B yang berbeda lagunya. Kalau habis lagu disalah satu sidenya maka harus dibalik secara manual untuk pindah side.


Sumber Gambar : 
pixabay.com/kaset


Kalau kaset sering distel pita biasanya kusut. Untuk membetulkannya diperlukan pulpen atau pensil. Pulpen atau pensil diletakkan disatu lubang kaset pita lalu diputar secara manual sampai ditemukan pita yang kusut untuk diperbaiki. Walau melelahkan tapi kegiatan memutar kaset cukup seru. Selain itu memutar kaset secara manual menggunakan pulpen atau pensil bisa juga untuk pengganti tombol REW dan FF, biasanya saya lakukan untuk mengulang lagu favorit, diputar terus sampai pas lagu yang dimaksud.




Sumber Gambar : 
hipwee.com
Yang paling sedih itu kalau pitanya putus. Walau bisa disambungkan dengan solatip bening tapi tetap saja berbeda. Biasanya kalau sudah putus kaset saya buang, kadang pitanya ditarik dari kaset sampai pita keluar semua lalu dibuat main mie-mie an.

Hargai setiap momen yang diijinkan Alloh kita lewati. Karena seringkali momen menjadi hal yang berharga sampai momen berubah menjadi kenangan.

Terima kasih sudah bernostalgia dengan kaset pita. Semoga bisa kenangan tentang kaset pitanya adalah kenangan yang manis.

Alhamdulillah

Sumber Gambar : 
hipwee.com

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading