Hai Metalhead!

Ngomongin soal musik khususnya musik cadas tentu tak akan ada habisnya. Di negara kita Indonesia, musik bergenre Rock dan Metal ini animo pelaku industri dan penikmatnya semakin banyak. Layaknya festival musik metal terbesar di dunia yang bernama Wacken Open Air yang diselenggarakan setahun sekali di German, di Indonesia sendiri juga ada event-event musik cadas tahunan bagi para metalhead. Animo penontonnya juga tak kalah seru dengan event musik metal lainnya yang ada diluar negeri. Dan berikut beberapa event musik metal tahunan terbesar yang ada di Indonesia.

Hammersonic Festival.

Event musik bernama hammersonic music international festival ini, pertamakali dihelat pada tahun 2012 lalu. Nah, bagi para penggila musik cadas di tanah air, ajang event musik metal tahunan terbesar di asia tenggara tersebut pastilah sangat dinanti-nanti. Keseruan hingar bingar musik metal yang diselenggarakan di Jakarta tersebut terakhir kali digelar pada bulan july 2018 kemarin. Selain asik berheadbang dan moshing para penggila musik cadas juga sering berburu yang namanya pernak-pernik band dan musisi yang mereka suka. Tak hanya itu, event ini juga sering dijadikan sebagai ajang kopdar akbar bagi para metalhead lokal dan mancanegara.

Java Rockin Land.

Masih event musik tahunan yang digelar di Jakarta, kali ini bernama java rockin land. Bagi para pecinta musik rock khususnya, perhelatan acara tersebut tentunya sangat ditunggu-tunggu. Event musik rock yang pertamakali diselenggarakan pada tahun 2009 ini pastinya bakal menampilkan musisi-musisi baik lokal dan luar negeri. Nah, beberapa band legend asal luar negeri yang pernah tampil pada event musik rock terbesar ini adalah Stryper, D.R.I, Sucidal Tendencies, Mr.Big, Steelheart dan Helloween. Bahkan, ketika Stryper mengguncang panggung java rock in land pada tahun 2010 silam, band ini menjadikan show tersebut ke dalam format dvd resmi.

Rock In Solo.

Kalau di Ibu kota ada hammersonic dan juga java rock in land, maka di jawa tengah ada event musik cadas lainnya bernama Rock In Solo. Nah, event musik cadas ini pertamakali digelar pada tahun 2004 dan seiring perkembangan musik cadas yang terus berkembang pesat di tanah jawa, pada tahun 2009 event musik berisik ini digelar permanen secara tahunan. Hampir serupa dengan event musik hammersonic dan java rock in land, rock in Solo juga menampilkan band metal international. Meskipun gitu, porsi band metal lokal tetap menjadi prioritas utama. Dying fetus, Dark angel, Katalysm, Behemoth, Carcas, Nile, Unearth dan Canibal corps merupakan band metal international yang pernah manggung di event tahunan tersebut.

Jogjarockarta.

Masih dari Jawa Tengah, kali ini dari kota Yogyakarta. Nah, Jogjarockarta ini merupakan event musik metal tahunan yang dimulai pertamakali pada tahun 2017 lalu. Nah, ketika itu veanue panggungnya diselenggarakan di stadion Kridosono. Kebetulan ketika itu Dream Theater yang merupakan grub band yang bergenre progressive metal menjadi musisi international yang pertama kali tampil pada event tersebut. Dan pada tanggal 27 Oktober tahun 2018 ini bakal ada Megadeth yang bakal tampil dimusim kedua perhelatan event musik Jogjarockarta.

Kukar Rockin Fest.

Event musik cadas tahunan kali ini berasal dari Kalimantan timur. Kukar Rockin Fest atau yang sekarang dikenal sebagai Borneo In Rock, sebuah event musik cadas tahunan yang berbeda. Kenapa berbeda? Karena event musik yang satu ini dijamin 100℅ gratis alias no ticket bagi siapa pun yang hendak menonton. Kalian hanya perlu menyiapkan dana keberangkatan saja. Event musik cadas ini telah diselenggarakan sejak tahun tahun 2012 lalu. Sama halnya dengan event musik cadas lainnya, banyak band metal legend yang sudah tampil di event tersebut antara lain, Testament, Sepultura dan Hellooween. Tak hanya itu saja, Fire House dan Skid Row juga pernah tampil pada event tahunan ini.

Sonic Fair.

Event musik cadas tahunan berikutnya ada di kota Bandung. Nama event ini adalah Bandung Sonic Fair. Event ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Bagi para penggemar musik rock dan metal, tentu event musik tahunan ini juga dinanti-nanti. Nah, event musik Sonic Fair ini tidak hanya menyuguhkan sajian hingar bingar musik keras saja, melainkan menjadi expo musik cadas terbesar di Indonesia yang menggabungkan antara pelaku industri kreatif yang relevan dengan kultur dari musik cadas itu sendiri.

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading