Media sosial adalah media yang digunakan untuk bersosialisasi secara virtual. Melakukan pertemanan atau jejaring sosial, chat atau obrolan. Bedanya Plukme memberikan tempat bagi kita untuk bisa menulis katakanlah itu adalah karya tulisan kita. Kemudian kita bisa menulis status seperti di media sosial lain namun di sini disebut splash


Mengupload foto, video bahkan kini media sosial bisa digunakan sebagai ladang bisnis. Banyak orang memanfaatkan media sosial untuk promosi bisnis mereka. Mudahnya beriklan di media sosial yang bisa menjaring banyak peminat. Meskipun dalam ber social media kita juga harus lebih bijak dan waspada. Karena kasus penipuan online ini sering marak di dunia maya. 


Sedikit berbagi aku juga pernah kena dampak penipuan di online. Mereka mengatakan bahwa si pemilik sedang sakit bla...bla...bla....

Kemudian situs online mereka tutup dan uangku tidak kembali. Meskipun nominalnya alhamdulillah hanya Rp 90.000 aku lebih bersyukur dibandingkan orang lain yang mungkin lebih banyak. Aku mencoba mengikhlaskan. Anggap saja nantinya aku akan diberi rezeki lebih banyak Aamiin. Maka dari itu kita perlu waspada juga termasuk mengenal orang lewat dunia maya. Walaupun terlalu berprasangka buruk itu juga kurang baik. Tetap positif thinking saja. 


Popularitas dan media sosial memang menjadi dua hal yang tidak terlepas. Banyak orang yang ingin populer dan dikenal banyak orang secara instan bisa sekali lewat media sosial. Seperti seorang youtuber atau konten kreator video di Youtube. Kemudian ada sebutan selebgram atau selebritis di Instagram, Vlogger, Blogger. Mereka bisa menjadi seseorang yang dikenal orang banyak alias terkenal karena apa yang mereka buat. Followers yang banyak membuat mereka semakin naik daun.


Apa yang membuat orang menjadi "sesuatu" adalah apabila di sekelilingnya banyak yang mencintainya dan mengapresiasi karya yang mereka buat. Istilah ini bisa kita sebut dengan fans atau penggemar. Tampaknya hal ini pun terjadi di Plukme kita tercinta ini. Seorang penulis rasa media sosial bisa memiliki seorang fans. Artikel ku dulu.


Namun hal ini bisa menjadi beban atau justru hal yang membahagiakan tergantung dari diri kita yang menyikapinya. Seorang fans bisa saja rela melakukan hal di luar nalar mereka. Itu namanya fans maniak. Apalagi jika ada yang berpikiran ingin menikah dengan orang tersebut hihii. Kalau yang ia idolakan masih jomblo mungkin ini anugerah bagi dia.


Di luar itu semua media sosial memiliki fungsi dan peranan masing-masing tergantung oleh penggunanya. Jika digunakan secara positif pasti akan memberikan dampak positif juga. Namun jika digunakan untuk hal-hal yang negatif tentunya akan berdampak kurang baik pula. Boleh saja meraih popularitas di media sosial.


Namun tetap stay humble dan tidak boleh sombong. Seperti kata pepatah semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang pula angin yang menerpanya. Gunakanlah media sosial dengan bijak sesuai dengan aturan yang berlaku dan jangan menyebarkan berita hoax. Lebih baik memberikan informasi berdasarkan pengalaman kamu sendiri atau dari referensi yang bisa dipercaya. Jangan lupa daftar workshop menulis di Semarang ya!



Gambar: pexels.com/ Bruce Mars



How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading