Plukers, adakah tradisi babantu  ngejo (membantu masak) di lingkungan seputar ke-Rt-an  atau para sobat? Kalau di tempatku biasanya di lingkungan tetangga satu RT bak seakan wajib kumpul untuk bantu-bantu masak dalam kendurian kecil.  Memang karena benar-benar diperlukan dalam acar tersebut juga merupakan moment  berharga  untuk saling tenggang rasa dan kerukunan antar tetangga.

Di daerahku menyebutnya acara ngejo,  satu istilah untuk menyebutkan acara memasak nasi dan lauk-pauknya yang lebih dikenal ngalolodeh (sunda) yang artinya memasak lauk-pauk macam lodeh demi keperluan kenduri.

Kendati dalam skala kecil (hajatan kecil tanpa suara musik) acara seperti ini kesannya sangat menyenangkan. Di samping pola masak santai juga sambil ngomong ngalor-ngidul seraya ngopi dan ngebul.

Memang pola masak ini tak jauh berbeda dengan acara hajatan macam pernikahan atau kenduri besar lainnya, yang menjadi beda hanya skalanya. Kalau acara hajatan, terlbih yang disediakan hiburan kesannya lebih sibuk.  Baik dalam segi kerja maupun lokasi masak yang ditentukan sebagaimana mestinya.

Acara masak dalam hajatan (di kampung) biasanya tempat masaknya dibuatkan saung,  sedang acara seperti ini cukup saja  di alam terbuka dengan fasilitas tungku yang terbuat dari batu. Bahkan lokasinya pun tak karuan, bisa depan rumah, samping rumah atau bahkan nyaris dekat pembuangan sampah.

Demikianlah Plukers!

Foto; dokumentasi pribadi/okb


How do you react to this story?



306 Like 419 Views   2 Repost 

Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading