Hallo.. hai sobat sekalian? Kumaha damang? Pada kesempatan kali ini, Kabayan ingin bahas tentang salah satu sistem plukme, yakni Aktivity Earnings (Pendapatan aktivitas). Yang mana sobatpun tentunya sudah mengetahui tentang ketentuan dari sistem ini. Yaps betul sekali dengan melakukan kegiatan di plukme, salah satunya dengan membaca maka akan menghasilkan poin tambahan yang akan kita dapatkan nantinya. Yang jadi pertanyaan sebenarnya sistem ini efektif atau tidak sih?


Nah sobat, jikalau menilik ke belakang sejenak sebenarnya sistem ini sudah ada sedari dulu menjadi pembahasan untuk rencana pengembangan plukme kedepannya hingga akhirnya baru terealisasi sekarang. Namun jika dulu, berkenaan dengan sistem ini sempat pernah menimbulkan polemik juga loh? Terutama dari beberapa kalangan plukers mengenai rencana penerapan sistem ini.


Pasalnya mereka menilai, mengapa sih harus ada iming-iming upah untuk sekedar membaca saja? Jika begitu mungkin saja akan ada plukers yang memanfaatkan sistem ini hanya sekedar mampir bukan teruntuk membaca, hanya berniat mengincar imbalan dari sistem yang berlaku tersebut. Secara singkat cerita flashback nya seperti itu sobat.


Sebenarnya kalau menurut kabayan sendiri tentang pendapat itu sih ada benarnya juga, tapi alangkah bijaknya jika kita melihat sesuatu itu tidak hanya dari sudut pandang yang buruk saja. Mungkin dan pasti akan selalu ada dimanapun itu oknum-oknum nakal yang seperti halnya dijelaskan diatas, yang hanya memanfaatkan dari segi kepentingan dan keuntungan mereka sendiri. Namun yakinlah itu hanya segelintir saja sobat, akan selalu ada yang beranggapan "Wah bisa dapet poin cuma-cuma dari membaca nih, cukup mampir aja ah gak mau baca toh gak ada yang tau ini, yang gue incerkan cuma tambahan poinnya", tapi saya yakin seyakin-yakinnya dan menekan kembali itu hanya satu dua orang saja yang mungkin beranggapan seperti itu.


Nah buat kalian yang beranggapan seperti itu jikalau mungkin kalian pikir gak ada yang tahu, hal itu salah besar sobat? Tuhan mana tahu segalanya, dan jika kalian pikir hanya mampir gak ikut baca toh dapat poin? Nah yang jadi pertanyaan apakah kalian gak rugi? Di kasih kesempatan secara cuma-cuma, gratis tanpa bayar dapat ilmu dan wawasan yang baru dari sahabat-sahabat plukers yang telah bersedia mentransfer ilmu yang mereka miliki.


Bayangin sobat? Kita yang disini, yang sudah disediakan bahan materi belajar berupa kumpulan tulisan guru-guru kita (plukers lain) yang sudah lengkap sedia dengan penjelasan mereka yang begitu rinci dan luar biasa, cukup tinggal kita baca, eh malah di sia-siakan begitu saja. Orang yang di luaran sana ingin bisa ini, ingin bisa itu, ingin dapat wawasan yang luas bela-belain ikut bimbel, les privat, bahkan mengeyam pendidikan sampai keluar negeri yang notabene gak bisa pake biaya yang sedikit, hanya untuk dapatkan bahan materi pembelajarannya. Dan itu tuh secara kasarnya yang mereka dapatkan dari mulai buku-buku yang tebel sekandel gajah dan file-file dokumen yang isinya bejibun, itu semua isinya tulisan semua loh sobat, nah jadi apa bedanya dengan tulisan-tulisan guru-guru kita disini yakni sahabat plukers yang sudah tersedia? .


Bersyukurlah kita disini membaca saja bisa dapet bayaran, bukan kita yang harus bayar. Udah mah di kasih imbalan, plus tambahan ilmu-ilmu yang bermanfaat, tuh kurang baik apalagi coba plukme dan para guru kita disini (plukers)? Nah makannya sobat, jangan disia-siain deh momentum daripada sistem baru hasil pengembangan plukme ini, teruntuk menambah penghasilan sobat semua dan teruntuk menambah wawasan sobat sekalian.


Dan kembali ke pertanyaan diatas, efektif atau tidaknya? Sebenarnya sobat yang Kabayan amati dan coba tangkap dari hasil sistem pendapatan aktivitas ini, menurut Kabayan sendiri sistem yang satu ini cukup efektif pasalnya dengan adanya iming-iming tambahan poin pluk, harapannya bisa meningkatkan minat baca plukers yang ada di plukme, sekaligus untuk mulai membiasakan diri dari aktivitas membaca tersebut. Nah sobat, soal bisa karena terbiasa kan? Maka dari itu mulai dari kebiasaan maka di harapkan akan muncul hasrat kesadaran diri kita sendiri terhadap pentingnya membaca, teruntuk bisa membuat kegiatan membaca ini menjadi sebuah bagian dari hidup kita, dan bagian dari referensi kita dalam berkarya.


Oke sobat mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan bagi kalian yang punya pendapat lain masalah seberapa efektif atau tidaknya sistem pendapatan aktivitas ini, boleh sharing di kolom komentar juga ya sobat. Akhir kata kabayan pamit, sampai jumpa dilain kesempatan, hatur nuhun kasadaya ..


Sumber gambar : merdeka.com


Sukabumi, 02-09-2018.



How do you react to this story?



329 Like 694 Views   12 Repost 

Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading