Saat menonton drama Korea, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan adegan tokoh di drama yang makan mie ramen instan di toserba. Makan di toserba sudah jadi budaya khas orang Korea Selatan. Selain karena tempatnya yang terjangkau karena ada di mana-mana di seluruh penjuru kota Seoul, harganya juga ramah di kantong!

Tidak hanya mie ramen, dilansir dari Soompi berikut 6 resep lezat makanan toserba yang harus kamu coba saat traveling di Korea Selatan.

Bingsu Stroberi Keju

Bingsu, hidangan penutup berupa es serut yang populer, merupakan hidangan penutup nasional Korea. Kalau kamu traveling ke Korea Selatan di saat musim panas (atau bahkan musim dingin) dengan budget minim, kamu bisa coba resep mudah ini. 

Perpaduan dari bingsu tart stroberi dan es krim keju akan benar-benar tepat ketika kamu ingin sesuatu yang manis. 

Untuk membuat bingsu ini, kamu memerlukan bingsu GS25 Strawberry Buffet dan es krim keju. Setelah itu campur semuanya ke dalam mangkuk, atau tambahkan es krim setelah makan setengah dari bingsu. Hmm yummy! 


Ramen Omori Budaejjigae

Budaejjigae (sup pangkalan militer) adalah salah satu makanan yang menggabungkan beberapa bahan untuk menciptakan persatuan sempurna dari makanan lezat. Awalnya, makanan ini lahir di masa pasca perang Korea ketika orang harus mencari makanan. Orang Korea pada masa itu mengkombinasikan kelebihan makanan dari pangkalan militer AS (seperti ham, hot dog, spam, dan kacang panggang kalengan) dengan makanan tradisional Korea seperti kimchi dan kaldu ikan teri yang diberi rasa gochujang (pasta cabai merah).

Untuk membuatnya, kamu memerlukan ramen omori kimchi jjigae, sosis Vienna mini, tahu, dan kimchi goreng. Buka tutup cup ramen dan tambahkan sosis Vienna, kimchi goreng, dan tahu ke dalam mie kering, bersamaan dengan bumbu-bumbu ramen. Tambahkan air panas dan panaskan selama tiga menit di micromave. Biar lebih nikmat, kamu bisa tambahkan irisan keju.


Blue Lemonade Soju Mojito

Kalau kamu lahir pada tahun 1999 atau sebelumnya, kamu bisa coba resep ini (kalau kamu lebih muda, skip!). Berdasarkan undang-undang Korea, warga Korea diizinkan untuk mulai minum (minuman beralkohol) pada tanggal 1 Januari pada tahun mereka menginjak 19 tahun. Jadi untuk tahun 2018, ini adalah tahun emas untuk para 99liners!

Minuman campuran ini terasa menyegarkan di hari musim panas Korea yang panas. Kamu bisa mencampurnya di minimarket, dengan makanan pendamping mie ramen atau jajanan lezat lainnya yang dapat kamu temukan dengan mudah di toko.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan soda, soju, secangkir es, dan limun biru. Tuangkan soju ke dalam secangkir es, soda dengan jumlah yang sama (dengan soju) dan limun biru. Aduk rata sebelum minum.


Makanan Mark

Salah satu resep paling terkenal yang viral di sosial media di Korea adalah “Makanan Mark”, yang dinamai berdasarkan nama salah satu member GOT7, Mark.

Seorang penggemar Mark menciptakan resep itu untuk menyebarkan nama Mark kepada masyarakat umum, dan dia berhasil. Setelah resep itu menjadi viral, setiap mukbanger (pembuat konten video makan di internet) dengan “nama besar” di Youtube dan AfreecaTV mulai merekam diri mereka sendiri saat menikmati resep ini.

Resep ini memang layak mendapat perhatian karena benar-benar enak! Tapi, kamu perlu berbagi menu makanan ini dengan temanmu karena porsinya sangat besar.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan ddukbokki instan, spageti instan, keju tali, dan sosis. Siapkan spageti instan, bersama dengan secangkir ddukbokki instan. Setelah keduanya matang, tambahkan saus dan pindahkan mie spageti ke dalam mangkuk ddukbokki. Tambahkan keju tali di atasnya, bersama dengan potongan sosis. Kemudian, masukkan campuran makanan tersebut ke micromave. Nikmati selagi panas.


Kimbab Keju dengan Mie Pedas

Bisa dibilang resep ini salah satu resep yang paling populer. Makanan ini menggabungkan bumbu pedas dari mie instan (samyang), keju, dan kimbab segitiga.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan mie samyang, kimbab segitiga (direkomendasikan untuk memakai rasa tuna mayo), dan keju tali. Siapkan mie pedas dengan menambahkan air panas ke secangkir mie kering. Tunggu tiga menit agar mienya melunak, dan tiriskan 90 persen air. Tambahkan saus, sayuran kering, dan keju tali. Aduk rata sebelum makan. Saat kamu sudah makan sekitar setengah dari mie, tambahkan kimbab segitiga dan masukkan ke dalam micromave selama satu menit. Tidak hanya akan mengurangi tingkat bumbu, tetapi juga akan membuat campuran mie-nasi yang lezat.

Kalau kamu gak kuat sama rasa pedasnya, tambahkan bumbu hanya setengah dari bungkus atau tambahkan lebih banyak keju.


Gomtang Mandu Rebus

Ini adalah makanan toserba yang sempurna untuk cuaca dingin.

Orang Korea menyukai sup, tidak terkecuali gomtang. Gomtang adalah sup tulang sapi lezat yang dibuat dengan merebus berbagai potong daging sapi. Dengan tambahan mandu (dimsum), resep ini menjadi hits.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan secangkir gomtang dan mandu beku. Setelah memasukkan semua bahan ke dalam cangkir gomtang, cukup masukkan ke dalam micromave selama dua menit. Voila! Kamu langsung bisa menikmati semangkung gomtang mandu rebus yang lezat!

----

Jangan lupa coba resep-resep di atas ketika traveling ke Korea Selatan, ya!

courtesy: Soompi

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading