Apa itu zero waste? Zero waste seperti yang sering kita dengar adalah sebuah usaha dalam mengurangi sampah yang dihasilkan dari suatu kegiatan. Dengan penerapan zero waste tentunya akan membantu pemulihan lingkungan sedikit demi sedikit dari cemaran sampah terutama sampah tidak terurai. Kegiatan ini sedang banyak di kampanyekan aktivis lingkungan hidup baik dalam bentuk kegiatan-kegiatan langsung maupun melalui sosial media. 

Nah menerapkan zero waste salah satunya adalah dengan beralih dari penggunaan produk sekali pakai terutama berbahan dasar plastik ke produk reusable. Tujuannya adalah untuk mengurangi produksi sampah plastik ke lingkungan. Tidak jarang kemudian banyak dari kita yang ingin belajar zero waste mengganti kebiasaan-kebiasaan yang bergantung pada plastik dengan menggunakan tas-tas berbahan kain atau totebag, menggunakan kotak-kotak tempat makanan dalam berbelanja kebutuhan dapur untuk menggantikan penggunaan kemasan plastik sekali pakai, dan lain-lain. Namun ternyata pembiasaan zero waste ini juga mengundang pro-kontra dari beberapa pihak.

Pernah ada yang berkomentar, jika tujuan mengganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau stainless tentu akan meningkatkan prilaku konsumtif orang-orang yang kemudian berdampak pada permintaan meningkat dan produksi bertambah tentu akan menghasilkan limbah produksi juga.  Menjadi masalah baru bagi lingkungan bukan?

hmmm.. sejenak kupikir ada benarnya juga. Lalu bagaimana menyikapinya? dan apa yang sebaiknya kita lakukan agar upaya zero waste ini tidak malah menjadi beban lingkungan. Mungkin beberapa langkah ini bisa kita terapkan :

1. Luruskan niat , bahwa zero waste adalah sebuah keharusan yang diusahakan dan harus kita biasakan, bukan hanya sebuah tren dari masa ke masa yang akan berganti dan malah mengalami surut peminat.

2. Gunakan kembali apa yang telah ada sesuai kebutuhan, kotak bekal plastik reusable yang masih bagus bisa tetap digunakan jangan buru-buru ganti dengan bahan yang lain.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika tidak begitu sering atau malah tidak butuh sedotan untuk minum tidak perlu ikut-ikutan membeli sedotan stainless atau bambu, begitu juga dengan sumpit dll. 


Dengan begitu kita akan terhindar dari zero waste yang tidak zero. 

Semoga kita bisa menjadi sebaik-baik manusia yang diamanahkan untuk menjaga bumi ini.

Selamat menuju sore hari plukz.


Pict : pixabay.com


234 Like 359 Views     

Read more

Sign in to leave your comment

Loading