Adakah plukers yang pernah merasakan mimpi yang begitu nyata? Dimana plukers mampu mengontrol isi mimpi. Serta memahami sepenuhnya bahwa sedang bermimpi. Jika jawabannya adalah pernah, maka plukers telah merasakan lucid dream.


Apa yang dimaksud lucid dream?

Lucid dream, dapat diartikan sebagai keadaan dimana kita merasakan pengalaman di dalam mimpi yang terasa nyata, mampu mengontrol, dan yang terpenting, kita tetap tersadar selama bermimpi. Lucid dream bisa terjadi karena tidak disengaja, bisa juga terjadi karena memang di sengaja.


Apakah manfaat Lucid Dream?

Lucid dream bermanfaat sebagai sarana hiburan, bertujuan mendapat pengalaman menarik. Selain itu, ada beberapa orang yang memanfaat lucid dream sebagai bentuk pemenuhan atas keinginan yang tidak tercapai di dunia nyata. Selain itu, dengan lucid dream kita dapat meningkatkan kreatifitas, mengatasi fhobia dan trauma, memecahkan masalah, serta menambah percaya diri.


Apa perbedaan lucid dream dengan mimpi biasa?

Perbedaan utamanya adalah, kesadaran. Di dalam lucid dream, semua kejadian akan terasa sangat nyata, sementara mimpi biasa, kita hanya sebagai pengamat saja. Setelah terbangun, kita akan mengingat dengan jelas semua kejadian di dalam lucid dream, sementara mimpi biasa, kita tidak akan mampu mengingat seluruh kejadian mimpi. Hanya samar-samar saja.


Bagaimana seseorang bisa mengalami lucid dream?

Sedikit bercerita, dulu saat Rose mengalami ini, Rose berpikir itu adalah hal yang mungkin hanya Rose alami sendiri dan hanya terjadi sekali. Rose pun sempat bertanya kepada teman yang lain apakah pernah mengalami atau tidak. Dan mereka semua menjawab tidak pernah.


Intensnya lucid dream yang Rose alami, bahkan menjadi rutin membuat Rose mulai penasaran. Setiap malam atau siang, yang pasti saat tidur, Rose selalu mengalami lucid dream, menyadari di dalam mimpi bahwa Rose sedang bermimpi. Sehingga setiap mengalami mimpi yang aneh, Rose sadar dan mengatakan di dalam mimpi bahwa ini hanya mimpi. Rose pun tidak pernah lagi mengalami mimpi buruk. Saat Rose akan bermimpi buruk, dikejar hewan buas, kecelakaan, bertemu hantu, atau dikejar pembunuh, Rose sadar. "Ah, ini kan cuma di dalam mimpi" ucap Rose di dalam mimpi.


Asiknya, Rose bisa mengatur seperti apa mimpi yang Rose inginkan. Rose bahkan pernah "mengunjungi" kakek dan nenek di dalam mimpi.


Dilanda penasaran yang semakin menjadi, Rose pun iseng bertanya di suatu grup Line. Dan ada yang pernah mengalami, dia memberi tahu Rose bahwa itu lah yang dinamakan lucid dream.


Di tulis, bahwa lucid dream terbagi atas tiga tingkatan. Pertama, tingkat pemula, pada tingkat ini diawali dari kamu mampu terbang, melayang, dan berlari dengan cepat di dalam mimpi. Kedua, tingkat menengah, dimana disini kamu telah mampu melintasi dimensi waktu di dalam mimpi. Terakhir, tingkat ahli, dimana kamu bisa mengatur dan mengontrol jalan mimpi mu, bahkan kamu bisa pergi dan menemui orang yang ingin kamu temui, seperti tokoh publik, artis, atau mungkin si doi. 


Gilanya lagi, ternyata lucid dream ini dipelajari untuk dipraktikkan oleh banyak orang. Bahkan sampai ada yang mempelajari sampai tingkat Astral Projection (akan Rose bahas lain kali). Orang yang ingin mempelajari lucid dream ini, katanya, ingin mendapatkan inspirasi dan kreatifitas. Sebab memang banyak hal yang mungkin terjadi di alam bawah sadar. Bahkan penulis Dragon Ball, diketahui menemukan ide menulis melalui lucid dream ini.


Dari sana, Rose pun mengetahui, ternyata penyebab Rose bisa mengalami lucid dream, sampai tingkat ahli (yang secara tidak sengaja) karena kebiasaan nyeleneh Rose sendiri. Rose yang gabut ini, memang punya kebiasaan yang tidak biasa. Secara tidak sadar Rose selalu menyadari berbagai hal.


Misalnya, saat Rose berjalan sambil berbicara, saat itupun Rose sadar bahwa kaki Rose sedang melangkah, yang banyak orang lain tidak sadari. Saat sedang berbicara, Rose menyadari bahwa saat yang sama Rose sedang bernafas dengan mulut atau hidung. Intinya, sadari segala sesuatu.


Apakah dampak negatif dari lucid dream?

Ada! Yang pertama, seseorang yang ketagihan dengan lucid dream, apabila tidak mampu mengatur emosi, akan menjadi ketagihan. Bahkan menganggap bahwa dunia mimpi lebih penting dan indah, sebab ia mampu mengatur segala sesuatu. Hidup sesuai keinginannya.

Orang seperti itu akan kehilangan semangat hidup dan bahkan bisa menjadi frustasi.


Lucid dream, membuat otak tidak dapat beristirahat. Itu lah yang Rose rasakan. Kesadaran yang kita alami dalam mimpi, membuat otak kita tetap bekerja seperti saat terbangun. Sehingga, tidur yang seharusnya berfungsi mengistirahatkan otak, malah membuat otak bekerja lebih keras.


Mengapa demikian? Karena dalam lucid dream, saat pertama mimpi di mulai, yang harus dilakukan otak adalah menganalisis keadaan. Apakah ini mimpi atau bukan? Terkadang perlu waktu lama melakukan ini. Sebab salah satu cara mendapatkan jawabannya dengan menajamkan indra peraba, penglihatan, pendengaran, melihat apakah jam bergerak atau tidak, bahkan mengidentifikasi gravitasi. Tentu perlu berpikir sedikit keras untuk itu.


Belum lagi setelah menyadarinya, kita perlu mengawasi dan kembali mengidentifikasi. Mimpi seperti apakah ini? Dimana ini? Apa yang harus saya lakukan? Pertanyaan pertanyaan seperti itu membutuhkan kerja otak yang lumayan.


Akibatnya, otak tidak mampu beristirahat sebab terbangun atau tidur, selalu bekerja. Ini pun akhirnya membuat Rose selalu merasa lelah bahkan sempat jatuh sakit. Selalu merasa pusing. Tidak tidur salah, tidur pun lebih salah lagi. Akhirnya kerja otak menurun, kurang konsentrasi di sekolah sebab otak yang lelah.


Bagaimana cara berhenti?

Yang Rose lakukan adalah tidak lagi berusaha menyadari segala sesuatu. Jika biasanya Rose tetap menyadari keberadaan angin, maka Rose berusaha cuek saja. Saat tidur dan kembali mengalami lucid dream, Rose mengacuhkan saja. Membiarkan segalanya mengalir. Melihat dan mengamati saja segala yang terjadi dalam mimpi tanpa ikut campur.


Selain itu, Rose juga memaksa tubuh dan otak bekerja keras seharian, sehingga saat tidur Rose benar-benar tidur nyenyak (tanpa bermimpi). Saat ini, intensitas lucid dream yang Rose alami sudah banyak berkurang. Bahkan hampir tidak pernah lagi selama beberapa bulan terakhir.


Apakah seseorang dianjurkan untuk belajar lucid dream?

Tentu pilihan itu ada di tangan masing-masing. Sebab Rose telah menguraikan berbagai manfaat dan dampak buruknya. Jika memang ingin belajar lucid dream, maka perlu niat yang baik. Jangan sampai lucid dream dijadikan penyangkalan dan pelarian dari hidup nyata yang dirasa sulit.

Namun jika tujuannya untuk mendapatkan ide ide dan menambah kreatifitas, maka boleh boleh saja.


Apa langkah-langkah untuk dapat melakukannya? Bukankah orang-orang mempelajarinya?

Untuk ini, Rose tidak ingin memberikan jawabannya. Meskipun sebenarnya Rose tahu caranya. Sebab memang ada tahapan tanpa proses alamiah seperti yang Rose alami. 


Rose tidak ingin jika tahapannya Rose tuliskan, malah akan ada yang coba-coba melakukannya tanpa berpikir panjang. Karena iseng, begitu alasannya. Rose tidak ingin ada yang seperti itu, sebab lucid dream berhubungan juga dengan keselamatan orang bersangkutan.


Jadi, sebelum mencoba, pikirkan dengan baik setiap resiko yang akan terjadi. Setelah yakin, cari tahu sendiri hehehee.


Selamat tidur 😊😍


Salam Literasi


YourRose💙


Gambar: pixabay

286 Like 1K+ Views  1 Shares   

Read more

Loading