Selamat pagi Plukers! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bagi yang mudik mohon tetap menjaga tata tertib lalu lintas, semoga selamat sampai tujuan. Kita semua sudah tahu ya kalau hari ini ada yang baru dari Plukme! yakni rilisnya aplikasi di PlayStore. Sudah di-download?  Kalau belum, silakan diunduh terlebih dahulu.

Dari seluruh suguhan yang ada di aplikasi Plukme!, apakah sudah ada yang mencoba menggunakan splash atau story-nya? Pagi ini Chiara akan memberikan sedikit informasi mengenai cara memaksimalkan aplikasi ini di Smartphone teman-teman semua. 

1. Bisa Melihat Siapa yang Memberikan Love dan Statusnya

Mohon maaf, foto dan nama tidak Chiara blur ya teman-teman.

Pada versi web mungkin kita hanya bisa melihat daftar lovers yang biasa menekan tombol like pada splash atau artikel melalui menu notifikasi, tetapi pada aplikasi jika jumlah likes tersebut diklik maka keterangan berlanjut akan keluar. Jumlah tersebut akan memperlihatkan siapa saja yang telah memberikan like dan statusnya, baik online maupun offline.


2. Membuat Splash dan Story Bisa Melalui Profil Maupun Eksplor



Kita bisa membuat splash maupun story melalui dua menu, yakni Eksplor dan Profil masing-masing. Jika ikon plus biru kita tekan maka akan keluar dua opsi, yaitu Story dan Splashvid. Sekilas keduanya sama dengan yang ada pada versi website, tetapi untuk Story memiliki perbedaan yang teman-teman harus perhatikan dan cermati. Terutama perihal tag dan input foto sampul.


3. Cara Membuat Story 

Sebelum kita membuat story, perhatikan rounded rectangle yang Chia bubuhkan pada beberapa bagian dalam badan artikel!

Nomor pertama adalah tempat kita semua menulis judul artikel, cerpen, dan sejenisnya. Fungsinya masih sama dengan yang ada pada website dan bisa teman-teman eksplor sesuai dengan keinginan hendak menulis apa. 

Nomor dua adalah tempat kita memasukkan gambar. Mungkin ada yang bingung, di mana kolom URL atau tambah gambar, nah image Plukme! itu kalau kita tekan maka akan muncul pilihan untuk memasukkan gambar dari galeri. Gambar atau foto yang berhasil kita unggah akan otomatis tersimpan pada menu gallery. Setelah menulis judul dan gambar sukses terunggah, maka tinggal klik saja. Nanti akan otomatis masuk. 

Nomor tiga adalah tempat kita menulis story atau cerita. Sama persis dengan yang ada pada versi website yakni minimal berjumlah 100 kata. Jadi misalnya saja kamu menulis kurang dari ketentuan minimal maka akan ada pemberitahuan bahwa tulisan masih kurang dari 100 kata. Setelah menulis story maka silakan klik menu save yang ada di pojok kanan atas sebagai tanda bahwa tulisan sudah tersimpan dan siap di-submit (tanda panah melayang pada pojok kanan atas)

Nomor empat adalah penulisan tag. Berbeda dengan versi website yang harus menggunakan koma sebagai pemisah dan pengganti spasi, maka di aplikasi kita harus menggunakan tagar seperti yang dicontohkan dalam kolom tersebut. Setelah berhasil terpublis, nantinya saat tampil di website maka tag bakal terlihat normal dan menyesuaikan dengan yang ada pada App. 



Dari segi fitur bar yang disuguhkan tetap sama. Perbedaanya adalah mungkin pada Smartphone ketika kita mode portrait akan terpotong dan berakibat pada ketidaksempurnaan fitur bar muncul seperti yang ada pada gambar di atas, sehingga rotation kalian harus diaktifkan barulah terpampang secara menyeluruh. Seperti yang ada pada gambar ini!

Ingat, ketika akan memanfaatkan fitur bar, maka setiap kata, kalimat, bahkan paragraf harus diblok terlebih dahulu sampai berwarna biru. Baru setelah itu, gunakan beberapa fitur bar yang ada seperti italic, bold, underline, dan lain-lain. 

4. Beberapa yang Belum Ada

Saat ini belum ada fitur marketplace, jumlah penyesuaian views, Plukme donasi, dan sponsor. Namun, pihak Tim Plukme Dev akan terus berusaha mengembangkannya ke arah yang lebih baik. Perlahan tapi pasti, kami bekerja secara bertahap. Jadi, mohon agar teman-teman tetap memberikan dukungan dan senantiasa percaya pada sistem Plukme! Nikmati apa yang saat ini disuguhkan dan disajikan, maka kita semua akan pandai bersyukur. 


5. Jumlah Pilihan Share Lebih Banyak

Tidak hanya terbatas pada WhatsApp, Facebook, dan Twiter saja opsi share yang ada di aplikasi Plukme!, melainkan juga bisa tersambung pada pesan Instagram, aplikasi FB, E-mail, dan sebagainya. Jadi, makin banyak area dan jangkauan kita untuk membagikan artikel dan splash. 


6. Perhatikan Menu Setting atau Pengaturan

Pada menu Pengaturan kita bisa mengubah password, memanfaatkan night mode, mengatur notifikasi, baik disable atau enable beberapa pemberitahuan. Silakan sekali lagi, buka FAQ, Terms of use, dan sejenisnya untuk mengeksplor lebih banyak lagi. Bahkan kini fitur pesan juga bisa digunakan untuk mengirimkan gambar, stiker, dan emoticon khas Plukme! Jumlah stiker kemungkinan besar masih akan ditambah lagi ke depannya oleh Tim Developers. 

Sekian update dari Plukme Knowledge pada kesempatan kali ini. Kami berharap pengguna secara mandiri mau dan timbul keinginan untuk mengutak-atik menu sehingga bisa memaksimalkan aplikasi yang telah diluncurkan. 

Ada yang ingin ditanyakan? Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Jangan lupa perhatikan seluruh komentar, siapa tahu ada jawaban yang kamu cari dan telah Chiara jawab.


~Chiara`


199 Like 1K+ Views  2 Shares   

Read more

Loading