Menulis sebuah cerita yang menarik itu membutuhkan pemikiran yang tidak sebentar, seorang penulis harus benar-benar memikirkan secara matang tema apa yang akan di angkat sebagai bahan untuk cerita. Menyiapkan alur cerita yang benar-benar bisa membuat pembaca penasaran dan ingin terus membacanya hingga cerita itu berakhir.

Cerita yang bagus dan menarik bagi para pembaca adalah cerita yang memiliki makna mendalam dan akhir cerita dengan dampak yang sangat kuat bagi si pembaca. Baik cerita fiksi atau pun non fiksi, harus memiliki nyawa dalam alur dan kisahnya. Supaya cerita terlihat hidup dan benar-benar bisa membawa pembaca serasa berada di dalam kisah tersebut dan buatlah pembaca merasa jika cerita itu sangatlah penting untuk di lanjutkan dan di akhiri.

Awali cerita dengan awalan yang menarik, agar pembaca tertarik untuk melanjutkan membaca cerita kita. Jangan lupa selipkan sedikit konflik yang tidak terlalu berat, buat cerita yang menimbulkan kesan yang benar-benar sesuai dengan judul cerita. Jika cerita romantis maka selipkan sedikit konflik tentang kisah cinta si tokoh utama, jika mengusung tema horor maka kita harus sedikit memberi bocoran tentang si hantu yang menjadi tokoh utama, entah saat awal kematian si tokoh yang akhirnya bisa menjadi hantu atau tentang pertama kali si hantu yang menjadi tokoh kedua yang tengah menghantui si tokoh utama yang merupakan seseorang yang menjadi sasaran penghantuannya.

Jangan lupa berikan sedikit kejutan dan konflik di tengah-tengah cerita yang membawa kesan emosional, namun harus di ingat jangan terlalu membeberkan konflik yang sedang terjadi, berikan sedikit rahasia di dalam konflik yang sedang terjadi agar pembaca semakin penasaran dengan alur dan isi cerita selanjutnya.

Akhiri konflik tanpa memberikan sebuah teka-teki dan masalah lagi. Benar-benar selesaikan masalah yang terjadi agar cerita menjadi jelas, tetapi harus tetap mengikuti awal alur cerita agar tidak terlihat aneh dan terkesan tidak nyambung saat di baca, karena kebanyakan pembaca tidak menyukai alur yang tidak jelas dan terlalu berbelit-belit.

Berikan judul dan gambar yang benar-benar sesuai dengan cerita dan tema yang di angkat. Pada dasarnya judul dan gambar adalah hal pertama yang di lihat oleh para pembaca sebelum mereka membuka dan membaca cerita tersebut.

Selalu cek kembali cerita yang telah kita buat, karena sebuah karya yang menurut kita sudah benar-benar baik dan bagus belum tentu menarik jika masih ada kata-kata yang salah, sebab satu kata yang salah akan membuyarkan konsentrasi, pikiran dan imajinasi pembaca yang telah terbuai dengan alur dari cerita tersebut, semua akan hilang begitu saja hanya karena satu kesalahan kecil yang menjadi benar-benar fatal bagi si pembaca.

Lihat dan baca kembali alur yang telah di susun, supaya kita tahu jika ada hal-hal yang membuat ganjal pada isi cerita. Pastikan semua sudah sesuai ataukah ada alur dari cerita tersebut yang masih terlihat menyimpang dan tidak sesuai dengan cerita. Sebelum kita mempublikasikan karya dari pemikiran yang benar-benar kita ciptakan sesuai dengan imajinasi dan perasaan.

Sebuah karya jika di ciptakan dengan sepenuh hati dan perasaan, akan menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa bagi pembaca dan juga diri kita. Meskipun itu hanya sebuah imajinasi tanpa benar-benar ada sebuah kejadian nyata di dalamnya.


Sekian dari saya dan terima kasih.


Sumber Foto : Pixabay.com/742680


#Day27

#RamadhanBerkisah

#PenaJuara


96 Like 200 Views  1 Shares   

Read more

Loading