"Ini salah" katanya.

"Tidak, ini sudah benar." katamu.

"Liat deh, seharusnya gini bukan gitu." katanya.

"Itukan menurutmu, bukan menurutku." katamu lagi.

Baiklah, mendengar teman-teman yang terus saja tertawa melihat pertengakaran tersebut membuat pikiranku bertanya-tanya. Akhirnya aku bertanya permasalahan mereka. Jreng.. Jreng.... Ternyata hanya hal sepele. Jawaban dalam tugas matematika. Aku terdiam. Hanya hal kecil bisa memicu pertengkaran. Akhir jawaban sama, namun jalannya atau cara pengerjaannya yg berbeda. Berhubung aku paham, akhirnya aku menjelaskan perbedaan mereka. Mereka hanya tersipu malu saling memandang.

 Dari hal tersebut, aku pun menuliskannya disini :)

.

.

🌸🌸🌸

Pada dasarnya,manusia selalu mencari kesalahan orang lain. Setiap hal yang dilakukan kerap saja salah dimata mereka. Membicarakan setiap hal apa saja yang diperbuat. Aneh sedikit ditertawakan. Salah sedikit ditertawakan. Apakah kita hidup didunia tertawa? Sehingga setiap kesalahan selalu ditertawakan.

Salah dalam KBBI memiliki makna tidak benar, tidak betul, keliru, khilaf, menyimpang, dan sebagainya. 

Menganggap diri sebagai yang terbaik dan mengatakan seolah tak luput dari sikap yang menyimpang adalah perbuatan yang salah. Tindakan yang tidak sepantasnya bisa mengantarkan seseorang pada ke-trauma-an  yang amat mendalam.

Kalian mengatakan hal yang menurut kalian benar, namun belum tentu benar di mata Yang Maha Kuasa.

Omongan yang tidak berujung guna bisa saja menghalangi seseorang dalam berkarya. Sudahkah kalian berkarya? Sudahkah karya kalian itu benar? Sudahkah kalian berhasil? Sudahkah kalian menjadi makhluk terhebat di muka bumi ini? Tidak sama sekali. Kita semua adalah makhluk berdebu. Abaikan untuk apa-apa saja yang mereka lontarkan. Bukankah kamu punya tujuan sendiri? Jangan biarkan mereka menghalangi langkahmu dalam melakukan perubahan. Abaikan. Abaikan saja, apa-apa yang tidak berguna bagimu untuk dunia. 


"Jika ingin teriak, teriankanlah sekencangnya. Jika ingin marah, luapkanlah segalanya dengan ketenangan."


Melampiaskan segala kegundahan, melegakan apa-apa saja yang bersarang dalam pikiran. Sejatinya hidup bukan menebar kebencian. Namun, setiap keresahan akan perbuatan yang melukai hatimu, tentu memberi kesempatan pada seseorang untuk mengevaluasi setiap yang diperbuatnya. Menurut pribadiku, lebih memilih menuangkan segalanya pada tulisan ini daripada berkecamuk dalam pikiran juga. (Hehe). Oke, lanjut ke paragraf selanjutnya.

Menyalahkan orang lain merupakan tindakan yang tersulit bagiku. Apalagi tanpa alasan yang logis. Bukankah tidak adil jika memandang seseorang dari kesalahannya saja? Hidup bukan menyalahkan orang lain. Sebelum menyalahkan orang lain, lebih baik berkaca diri terlebih dahulu. Demi sosok yang lebih baik dari kemarin. Ocehan receh sekalipun selalu saja ku dengar. Mengapa? Karena setiap orang tentu memiliki ciri khas dalam menyampaikan hal yang dirasakan. Bagi kalian, itu hanya ocehan receh. Bagaimana dengan yang lain? 


"Warna biru yang kau lihat dengan matamu belum tentu sama dengan apa yang kulihat. Itulah dunia"-Plukme.


Dari quote itu aku menyimpulkan setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda. Kita tidak bisa menyalahkan apa yg ada dipikiran setiap orang. Pandangan yang berbeda tentu bisa disatukan sehingga memiliki tujuan yang sama.


"Kita lahir selalu mencari sedulur dan batin selalu mencari Yang Maha Kuasa, bukan kesalahan orang lain."


Begitulah kata seseorang. Aku tak tau pasti dia mendapat pepatah tersebut darimana, tapi aku berusaha menerapkannya dalam kehidupan.

Setiap manusia itu bersaudara. Lalu, bagaimana bisa dengan mudah menyalahkan saudara kita sendiri? Memperbanyak berkeluh dan bercerita pada-Nya membuat hati menjadi tenang. Pastinya melihat orang lain dari sisi positif juga. Bisikan setan kerap saja merajai qalbu. Jangan biarkan ia terus merangsangmu. Lampiaskan segala kegundahan yang mengganjal hati dengan cara positif. Banyak cara yang dapat dilakukan, baik melalui tulisan ataupun berbicara secara langsung. 

Sesungguhnya manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Sebagai saudara, tentu hanya bisa mengingatkan untuk terus semangat dalam mencapai tujuan.

Oke, sampai disini aja deh. 

Semoga kita semua bisa memandang dari sisi positif dan menghargai setiap pendapat seseorang. 

Akhirul kalam.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb


Sumber gambar: islamidia.com

136 Like 264 Views     

Read more

Loading