Ramadhan bulan suci yang dinanti setiap Muslim.

Bulan Suci Ramadhan sebuah pesantren dan sebuah ajang untuk meningkatkan ke imanan dan ke cintaan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Ramadhan merupakan bulan ke sembilan dalam kalender Hijriah yang di gunakan umat Islam, dan merupakan bulan yang penuh ampunan serta pahala bagi mereka yang mampu memanfaatkannya dengan baik.

Ramida atau Ar-Ramad yang memiliki arti panas, atau kekeringan berasal dari bahasa Arab dan merupakan akar kata dari Ramadhan.

624M

Pada tahun ke 2 Hijrah atau 18 bulan setelah Rasulullah SAW dan sahabat, serta umat Islam melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah, yang bertepatan dengan tahun 624M, perintah puasa pada bulan Ramadhan turun di bulan Sya'ban dan di wajibkan atas semua Muslim yang telah baliq/dewasa, serta tidak memiliki udzur/halangan seperti sakit dan gila atau hilang akal.

Sejak saat itu umat Islam hingga kiamat tiba diwajibkan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, bulan Ramadhan ini juga merupakan bulan di mana Rasulullah SAW menerima wahyu pertamanya di Mekkah.

Berbagai peristiwa banyak terjadi di bulan yang mulia ini, seperti Perang Badar, terbunuhnya Khalifah Ali Bin Abi Thalib ra, hinga kemerdekaan Indonesia.

Dengan berpuasa kita juga mmendapat manfaat tidak hanya pahala namun juga kesehatan seperti, terjaganya peradangan pada sendi dan peradangan pada usus besar, menyehatkan jantung serta menghindarkan dari penyakit kanker.

Jadi sudah hal yang wajib pula bagi kita mensyukuri dan menyambut anugrah dari Allah SWT yang telah menyampaikan umur memasuki bulan yang penuh berkah di mana di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Perintah mengenai wajibnya berpuasa seperti firman Allah SWT sebagai berikut :

"Hai orang orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kalian agar kamu bertakwa" (AL-Baqarah 2:183)


*artikel lainnya : garagarabakso - rasidahohrasidah - daulatsultan

Sumber gambar : Pixabay


180 Like 534 Views  10 Shares   

Read more

Sign in to leave your comment

Loading