Pembaca dan sobat plukz yang berbahagia. 

Begini, tak bisa dinafikan bahwa kita  sekarang hidup di zaman materialistik. Apa-apa memerlukan materi ( uang). Walau tidak semua dan tidak mutlak sih. Namun kebanyakan nya demikian, kan? Betul gak?

Ambil contoh, kita mau buang air ke WC umum harus bawa uang, soalnya bayar. Ingin makan yang enak, harus mengeluarkan doku. Wisata ke suatu tempat, bermalam di hotel, jua perlu biaya.

Nah, karena itu, tak ada salahnya bukan jika kita menginginkan finansial yang baik. Bahkan sampai taraf kemandirian atau kebebasan finansial. Bercita-cita kaya itu tak masalah kan sobat plukz?


Berbagai cara kita lakukan. Bisnis dan usaha sampingan kita galakan. Salah satunya yang berbasis dunia maya (online). Seratus juta lebih penduduk Indonesia sudah terkoneksi jaringan internet. Maka sosial media termasuk e-commerce juga menjamur.

Bagi para penulis, kenyataan merebaknya dunia Maya adalah peluang tersendiri. Ada profesi baru yang bisa digeluti yakni sebagai content writer (penulis konten). Baik untuk blog/situs pribadi maupun orang lain.


Saya sebagai penulis pemula juga mencoba peruntungan serupa.

Awalnya di dunia blogging. Alhamdulillah saya lumayan aktif menulis di blog. Untuk monetize awalnya saya mengandalkan go*g*e a*sen$e. Beberapa kali pay out. Jumlahnya lumayan menggiurkan. Yuhu.

Namun, saya tinggalkan karena beberapa iklan yang muncul ternyata tidak sesuai dengan prinsip hidup saya. Sudah berusaha di-block namun kadang masih bocor. Akhirnya saya rehat dari dunia ad$**se. Bye bye.

Selepas meninggalkan ada**se saya giat mencari, Googling, tanya-tanya teman soal platform yang bisa memberikan kita peluang earning/ pendapatan.

Pertama ada yang menyarankan untuk ikut program U* New*. Sebuah platform/aplikasi besutan Al#ba*a. Saudara dengan browser U* Browser. Di sana kita jadi kontributor. Jika banyak tulisan kita yang lihat maka akan ada saldo masuk. Menggiurkan juga nominalnya. Saya sudah pernah coba daftar. Namun agak ribet karena setiap postingan harus menunggu masa moderasi (penilaian). Bahkan pada akhirnya artikel/tulisan yang kurang layak bisa ditolak. Yang cukup menyulitkan bagi saya utamanya soal aturan posting yang harus via komputer/ PC. Bisa via hp tapi mengatur-atur nya susah. Menurut saya agak ribet. Karena itu sampai sekarang saya belum aktif menulis di platform itu. Padahal senior saya sudah ada yang bayaran nya mencapai 1,5 juta perbulan. Tambahan lagi mengapa saya kurang aktif adalah karena saya menemukan iklan yang kurang sreg bagi prinsip hidup saya.

Kedua, masih semisal dengan U* Ne*s adalah Bab*. Platform berita dan artikel juga. Bayarannya juga menggiurkan. Satu artikel bisa dihargai 50.000. Belum lagi dari bayaran jika tulisan kita banyak yang baca. Saya sudah coba daftar, tapi agak ribet juga. Selain itu artikel yang diterima satu kategori saja yakni tentang Islam. Jadi saya urung aktif.


Lama mencari, saya menemukan platform Plukme! ini. Beberapa kawan seperti Kang @Agus Sutisna dan  kang @Otang ternyata sudah jadi member.

Saya tertarik. Apalagi memang ada reward / benefit bagi setiap tulisan. Pertama yang bikin menarik adalah tampilan dan konsepnya yang berupa sosial media. Daftar nya juga mudah. Via hp juga jadi. Cara posting nya juga gampang. Saya mayoritas posting via hp. 

Setelah baca-baca saya gabung. Uniknya, platform ini belum banyak iklannya. Saya baca berdasarkan info salah satu niatan dibuatnya platform asli Indonesia ini memang demi kepentingan sosial.

Tapi eits jangan salah, soal benefit/ keuangan mereka profesional kok. Senior saya beberapa kali sudah pay out. 

Mantap nya lagi, hampir semua postingan mendapat benefit. Oya, ada 3 kategori posting di Plukme.

Pertama, story, panjang tulisan 100-1000 kata.

Kedua, video, kamu bisa upload video apa saja, asal sopan dan tidak plagiat

Ketiga, splash. Ya semacam update status kalau di sosmed lain. Panjang tulisan 1 - 280 karakter.

Keempat, Promosi. Di sini kita bisa mempromosikan produk kita, apa saja, gratis

So, jika kita menulis / update status di fac*b**k misal, sepanjang apapun, apakah kita dibayar? Tidak kan?

Beda dengan di Plukme. Saya beberapa kali menulis splash yang pendek ada rupiah yang masuk ke balance rekening saya. Mantap kan?

Mungkin ada yang bertanya, berapa kisaran rupiahnya? Ah rasanya kurang pantas jika saya tulis di sini. Silakan via message saja ya... 

Nah, catatan khusus, platform yang sudah punya member 27.000 orang lebih ini anti plagiarisme lho. So, jangan plagiasi ya...


Last but not least. Saya suka diingatkan senior. Kalau gabung Plukme boleh dengan niatan dapat uang, tapi jangan jadikan itu segalanya.

Platform yang berada di ranking 2000 Alexa ini seru kok untuk ajang silaturahim. Saya saja ketemu orang tetangga kecamatan di sini. 

Terus yang paling utama, platform ini sebagai ajang mengasah kemampuan menulis. Berbagi kebaikan. Dakwah, dll.

Menulis happy-happy, dompetpun happy karena terisi.

Mari gabung, jangan sungkan untuk tanya-tanya... 

***

Sumber-gambar : plukme.com

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading