Mendung bergantung murung di atas kota Melbourne ketika aku memarkir mobil di dekat sebuah tempat makan [McDonald]. Daun-daun yang tanggal dari reranting pohon berserakan. Siang ini udara tidak sedingin pagi tadi.

Aku masuk dan memesan Burger sebenarnya aku mau masak Indomie di rumah namun telalu lelah setelah kuliah dan mengerjakan tugas. 

Saya duduk di sebuah sudut ruangan ya biar bisa melihat semua orang dalam ruangan heheh dan benar ada sebuah keluarga sedang lunch tetapi semuanya sibuk dengan Smart Phone masing. Aduh kasihan juga ya sebuah keluarga tanpa komunikasi.. hmmm.. [saya tidak berani untuk mengambil gambar, karena di Australia jika kamu mengambil gambar tanpa permisi akan dikenakan denda dan bisa dipenjara kalau dikomplain oleh orangnya]



Perkembangan dunia modern terutama teknologi memang susah banget dibendung Plukz, jika kita menahannya maka kita akan tergilas. Mati dan terhempas hehehe…

Plukz, sebenarnya kita punya satu cara ampuh untuk menyiasatinya yakni mengambil langkah yang tepat mengikuti ritme perkembangan dan kita yang menjadi pemegang kendali atasnya. Saya bisa katakan KITA ADALAH TUAN ATAS PERKEMBANGAN GLOBAL jadi kita yang mengatur teknologi bukan sebaliknya. 

Nah, saya mengira setiap kita pasti memiliki yang namanya Smart Phone dan selain pengguna aktif sebagai member Plukme pasti punya aplikasi media sosial lain kan..? [jangan boong, dosa loh..] Berbicara tentang media sosial saya juga adalah salah satu dari sekian banyak sahabat Plukz yang menggunakan lebih dari satu.

Yah,.. lumayan untuk share tulisan-tulisan saya di Plukme untuk teman pengguna aplikasi lain [sekalian promosi Plukme kan… heheh..] dan di sisi lain biar view-nya meningkat.. hahaha.. [sekadar informasi Plukz… membagikan tulisan dari Plukme ke media lain itu tidak dilarang seperti keterangan Careen dalam sebuah artikel beberapa minggu yang lalu. TETAPI membagikan tulisan dari media lain ke Plukme itu TIDAK BOLEH.. No Way…. Itu kata Careen bilang Just Take It or Leave It..] nah itu.. jadi harus baca aturan main sebelum mempublikasikan tulisanmu di platform ini..

Ini keterangan pada poin keempatbelas

Nanti selengkapnya cek di sini : https://www.plukme.com/post/careen-kita-semua-bersahabat-1520091009


Eh, jadi lupa Plukz… Sebenarnya saya mau membahas tentang Membaca SURAT PERMOHONAN MAAF Menjelang Ramadhan sesuai judul di atas. Mungkin terbawa situasi saat di McDonald tadi ya.. hehehe


Tadi sepulang dari McDonald saya melihat banyak notifikasi di WhatsApp terutama di grup keluarga. Seperti yang saya jelaskan bahwa keluarga saya terdiri dua agama [Islam dan Katolik] dalam tulisan saya sebelumnya.

Ketika saya cek tulisan pertama yang muncul adalah surat permohonan maaf dari saudarai saya: 


SURAT PERMOHONAN MAAF

___________________________

No. : 29/sya'ban/1439H

Lamp. : Penting

Perihal : Permohonan Maaf

MENGINGAT:

Insyaa Allah 2 Hari lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H.

MENIMBANG:

Kesalahan yang telah ku perbuat baik sengaja maupun tidak disengaja.

MEMPERHATIKAN:

Tentang saling mema'afkan sesama hamba Allah SWT Adalah perintah Allah SWT dan Rasul Nya.

MEMUTUSKAN DENGAN SUNGGUH - SUNGGUH:

Saya [nama] atas nama pribadi menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan selama ini serta ingin mengucapkan :

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439 H.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا

كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّق

MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Aduh... surat ini begitu menyentuh karena antara saya dan saudari sebelumnya sempat terjadi kesalahpahaman. Iya namanya keluarga lah.. pasti tidak ada yang sempurna kan Plukz..? Berbahagialah kalian yang memiliki keluarga yang selalu harmonis dan tidak pernah terjadi kesalahpahaman.. but I guess every family has their own problems…

Untuk teman-teman Plukz yang akan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H, selamat menjalaninya. Doa dan cintaku yang tulus bersama kalian…

Aduh jadi baper nih gua.. [mungkin lagi inget keluarga dan merindukan suasana rumah juga kampung saat berbuka puasa bersama]..  Sampai di sini dulu ya Plukz.. 

Wassalamu'alaikum Wr Wb.


Melbourne, Musim Gugur 2018


Foto:
1. www.amazon.com/Dear-John-N-Sparks/dp/0751544574
2.  www.digitalparenting.ie/technology-addiction.html
3. hubpages.com/relationships/The-best-and-cutest-love-letter-for-girlfriend  

How do you react to this story?




Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading