Bulan Suci Ramadhan penuh berkah dan rahmat akan segera datang memberi ruang untuk umat muslim di seluruh dunia untuk panen pahala. Berdasarkan kalender masehi, Tepatnya pada tanggal 14 Mei 2018 nanti, puasa ramadhan akan dimulai dan tentunya sebelum puasa Ramadhan dimulai, tentunya umat muslim di seluruh dunia telah mempersiapkan diri untuk bisa menyambutnya dengan baik dan gembira pastinya.

Persiapan sudah pasti dari segi kesehatan, diri, dan juga segala kebutuhan selama ramadhan ini agar puasa nantinya tidak terganggu dan juga mendapatkan pahala yang luar biasa dari berkahnya bulan suci Ramadhan ini. Bukan itu saja, berbagai hal tentunya juga harus menjadi panutan dan pertimbangan selama ramadhan agar tidak menjadi halangan yang mendapatkan membatalkan puasa, mengurangi nilai puasa bahkan bisa membatalkannya.

Hal yang perlu kita jaga seperti menjaga omongan kita, prilaku kita dan juga termasuk dalam penggunaan Internet, Kita sangat paham dan mengerti jika diera digital saat ini, internet telah menjadi kebutuhan untuk memopang segala aktivitas baik itu di dunia maya bahkan di dunia nyata. Pada bulan biasanya mungkin kita bisa menggunakan internet untuk mengakses segala informasi dan berita, maka selama ramadhan tentunya kita harus bijak dan mengerti dengan baik agar apa yang kita buka dan akses tidak mengurangi pahala puasa bahkan bisa membatalkan puasa anda nantinya. Apa saja yang dapat membatalkan puasa melalui internet ini, simak dibawah ini :

1. Membuat dan membagikan Status Kebencian, Hoax, dan Fitnah di Media Sosial

Jika anda memiliki media sosial, awasi diri anda dalam menggunakannya. Jangan sampai anda membuat status di media sosial dengan hal yang buruk, seperti membuat dan menebar kebencian kepada orang lain, fitnah dan hoax pastinya. Jika anda melakukan hal itu selain akan mengundang hal yang buruk terjadi pada diri anda karena bertentangan dengan hukum, jika anda berpuasa, maka puasa anda tidak ada artinya.

2. Copas Artikel Tanpa Sumbernya

Bagi blogger dan portal media informasi yang sering copas artikel dari pihak lain tanpa memberikan sumbernya, maka hal ini dapat mengurangi nilai puasa anda. Hal ini dapat mengurangi nilai puasa ramadhan anda karena anda telah mengambil karya orang lain alias mencuri jika dalam dunia nyata. Jadi, Jika anda memang ingin mengambil artikel dari sumber lain, maka pastikan anda meminta izin atau memberikan sumbernya dalam artikel anda.

3. Membuka dan Membaca Artikel Berbau Seks

Selama Ramadhan anda yang berpuasa seharusnya untuk tidak membuka bahkan membaca artikel yang berbau seks ini. Hal ini dilakukan agar puasa anda tidak sia-sia saja anda lakukan. Jika hal itu anda lakukan, maka dapat mengurangi nilai puasa anda bahkan dapat membatalakannya.

4. Bukan Situs Film Biru

Begitu juga dengan membuka Situs biru, situs yang mungkin bisa anda akses pada biasanya, maka pada bulan ramadhan ini sebaiknya anda tidak mengaksesnya karena hal itu bisa membatalkan puasa anda saja nantinya. Percumakan anda puasa, namun anda tidak mendapatkan apa-apa selama adan berpuasa.

5. Menulis dan Menyebarkan Berita atau Informasi bohong Yang Menghasut

Jika anda sebagai pengelolah media informasi seperti portal berita, website dan juga blog, maka pastikan informasi dan berita yang anda tulis dan publish tidak bohong dengan niat yang buruk seperti menjelekan sebauh produk, merek dan lainnya sebagainya, maka jangan anda lakukan bagi yang sedang menjalani puasa ramadhan ini karena hal itu dapat mengurangi nilai puasa anda bahkan bisa membatalkan.

6. Main Game Seharian

Bagi anda pengemar game, ada baiknya anda membatasi diri selama bulan ramadhan ini. Bermain game juga dapat mengurangi nilai puasa anda. Hal itu terjadi karena game terkadang mengandung konten yang mengarahkan anda ke dunia yang tak layak dilihat oleh mata, dan anda juga akan lupa dengan waktu.

7. Terlalu Sering Membuka Situs Makanan dan Minuman

Membuka Situs makanan dan minuman sah-sah saja sebenarnya, apalagi untuk bisa menjadi inspirasi untuk menu berbuka puasa nantinya. Namun jangan terlalu sering, karena itu hanya akan membuat anda ingin menyantapnya dan bisa jadi anda tidak tahan dengan kelezatan dan kesegaran makanan dan minuman tersebut dan pada akhirnya anda membatalkan puasa anda nantinya. Dengan anda terus membuka dan memandangi makanan dan minuman yang berada di situs tersebut juga akan mengurngi nilai puasa anda.

8. Berkomentar Tidak Baik

Jika anda ingin memberi komentar pada sebuah berita, status yang ada di media sosial, portal informasi, maka jagalah tangan dan pikiran anda untuk tidak berkomentar yang buruk. Jika anda tidak menyukainya, maka lebih baik diam dan tidak berkomentar saja. Jika anda melakukannya itu selama anda berpuasa, maka nilai puasa anda akan berkurang dan bisa jadi jika hati anda kesal dan marah, puasa anda akan batal.

9. Bukan Situs Judi

Bagi anda yang gemar membuka situs game judi di internet ini bahkan memainkannya, maka selama anda berpuasa ramadhan, ada baiknya anda tidak melakukannya karena hal itu dapat mengurangi nilai puasa anda bahkan membatalkan puasa anda.

Itulah beberapa hal yang dapat mengurangi pahala dan membatalkan puasa melalui internet. Jadi, perhatikan dengan baik agar selama anda menjalani puasa ramadhan nanti, anda tidak melakukan hal tersebut. Isilah ramadhan anda dengan hal yang baik agar anda mendapatkan berkah dan rahmat yang tersaji di dalamnya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, Selamat datang bulan Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat musim yang beriman dan bertaqwa di seluruh dunia, terima kasih.


131 Like 601 Views     

Read more

Sign in to leave your comment

Loading