Dengarkanlah permintaan hati yang teraniaya sunyi. Dan berikanlah arti pada hidupku yang terhempas, yang terlepas. Pelukanmu, bersamamu. Dan tanpamu aku hilang selalu. *Nyanyi sedikit.

Hai, Plukers. Diannita ingin membahas sebuah band era 2000-an. Akhir-akhir ini memang suka mendengarkan lagunya untuk menghayati naskah novel. Jadi keterusan membahas band yang lagunya puitis nan romantis. Tepuk tangan untuk Letto. Yuk, check it out!

Siapa yang belum kenal band ini? Letto merupakan sebuah grup musik Indonesia yang pertama kali dibentuk tahun 2004. Itu zamanku masih SMP lho, sekitar 14 tahun lalu.

Grup musik asal Yogyakarta ini beranggotakan Noe (Sabrang Mowo Damar Panuluh) sebagai vokalis, Patub (Agus Riyono) sebagai gitaris, Arian (Ari Prastowo) sebagai bassis, dan Dhedot (Dedi Riyono) sebagai drummer.

Vokalis Letto, Noe, adalah putra penyair serta budayawan Emha Ainun Nadjib. Anggota grup musik ini telah bersahabat sejak masih sekolah di SMU 7 Yogyakarta. Setelah berpisah akibat kesibukan kuliah, mereka akhirnya bertemu kembali dan berkarya bersama.

Pada tahun 2005 Letto meluncurkan album Truth, Cry, and Lie dengan lima single yaitu Sampai Nanti Sampai Mati, Sandaran Hati, Ruang Rindu, Sebenarnya Cinta, dan Truth, Cry, and Lie.

Tahun 2007 mereka kembali membuat album bertajuk Don't Make Me Sad dengan lima single yaitu Sebelum Cahaya, Permintaan Hati, Memiliki Kehilangan, Hantui Aku, dan Bunga di Malam Itu.

Album ketiga mereka tahun 2009, yang bertajuk Lethologica dengan single Lubang di Hati, Senyumanmu, dan Kepada Hati Itu.

Untuk album keempat berjudul Cinta... Bersabarlah. Dirilis pada tahun 2011 dengan lagu utamanya yang berjudul Dalam Duka dan Cinta...Bersabarlah. Lalu ada single Hati Garuda (2014).

Ketika mendengarkan lagu Letto pertama kali, usiaku masih remaja alias ABG labil. Aku belum memahami secara penuh tentang makna lagu-lagunya. Sulit mencerna liriknya yang penuh kiasan. Kupikir sama saja seperti band-band lain yang lagunya bertema percintaan. Galau, rindu, dan jatuh cinta pada kekasih.

Tahun -tahun berlalu. Saat media sosial mulai kugunakan, ada postingan gambar yang menyebutkan lirik lagu Sandaran Hati dengan ilustrasi orang sedang beribadah salat. Aku renungkan kembali. Ternyata benar, lagu itu bisa diartikan sebagai hamba yang berserah diri pada Tuhan. Baru sadar nih.

Selanjutnya, lagu-lagu Letto yang lain pun diartikan sebagai lagu religi (dari berbagai sumber). Contohnya sebagai berikut:

Sandaran Hati: Hamba yang berserah diri pada Tuhan. Menyerahkan segala rasa, termasuk kesedihan hati dalam ibadah salat, terutama salat tahajud.

Ruang Rindu: Rasa rindu pada Tuhan dengan keimanan yang kadang datang, kadang pergi. Setelah menjauh, ada kenikmatan saat hamba mendekatkan diri pada Tuhan.

Sebenarnya Cinta: Tentang cinta sejati yang didapatkan dari Tuhan. Bukan dari kehidupan dunia yang bagaikan mimpi dan fatamorgana.

Sebelum Cahaya: Perjalanan hamba yang mencari Tuhan. Diwujudkan dalam cahaya sebagai petunjuk atau hidayah. Bisa juga dimaknai tentang ibadah salat subuh.

Lagu ini saat aku SMA. Pertama kali mendengarnya di radio, aku menitikkan air mata. Padahal kurang paham maknanya. Tapi, aku merasa romantisme yang luar biasa. Suaranya penuh kelembutan. Seolah Mas Noe bicara langsung padaku. Terharu. Hiks.

Permintaan Hati: Doa-doa dalam hati seorang hamba kepada Tuhan. Tanpa-Nya kehidupan ini hilang tanpa arti.

Lubang di Hati: Pencarian dan perjalanan hamba dalam takdir Tuhan. Ada pilihan cinta atau cita, tapi keimanan yang bisa melengkapi dan mengisi hati.

Bunga di Malam Itu: Kisah di balik lagu ini adalah mimpi Noe bertemu dengan Rasulullah saw. Bunga diartikan sebagai sosok beliau yang begitu harum dan menyejukkan. Hingga merasa tak pantas memandangi wajah beliau.

Dalam DukaSeolah Tuhan berbicara pada hamba-Nya bahwa Dia akan selalu ada dalam suka dan duka. Selalu menemani kita.


Ya, itulah beberapa makna di balik lagu Letto yang aku ketahui. Masih banyak lagu lainnya. Namun, judul-judul di atas yang paling hits dan populer. Mana lagu favoritmu, Plukers?

Sayangnya, beberapa faktor yang mengakibatkan makna lagu Letto tersembunyi karena:

○ Lirik lagunya puitis memakai bahasa kiasan sehingga bermakna luas. Bisa ditujukan untuk kekasih, sahabat, hingga Tuhan. Sulit dipahami pun membuatnya kurang booming dibandingkan lagu cengeng yang pasaran.

Video clip-nya berisi percintaan serta terkenal dipakai untuk soundtrack sinetron. Sehingga asumsi pendengar pun menganggap sebagai lagu-lagu cinta. Mungkin demi alasan promosi.

○ Ketika itu, Letto sendiri tidak pernah mengklaim bahwa lagu-lagunya religi. Tapi, akhir-akhir ini barulah mereka mengakui bahwa tidak ada lagu Letto yang tidak religi. Berarti semua lagu religi kan?

Lagu terbaru Letto tahun 2016 berjudul Kasih Tak Memilih juga bermakna luas dan dalam--seperti samudera yaa. Bisa diartikan secara cinta, sosial, dan religi. Untuk mendengarkan bisa cek YouTube akun Letto Band.

Selain itu, lagu Ruang Rindu dinyanyikan kembali dalam versi akustik bahasa Jepang dan bahasa Indonesia oleh duet Hiroaki Kato dan Noe (2017).

Kini, Letto lebih sering tampil secara off air. Tidak lagi bergabung di Musica Studio's sejak 2012 juga cukup disayangkan. Label musik tersebut sangat berpengaruh dalam industri musik Indonesia.

Semakin dewasa, aku dapat mengerti makna di balik lagu-lagu Letto. Bahkan butuh waktu 14 tahun. Aku berharap lebih banyak lagu-lagu Indonesia seperti ini. Penuh arti dan filosofi.

Walaupun Letto mengaku tidak punya fans karena dianggap sahabat (para penggemar Letto menyebut diri mereka Plettonic), karya mereka yang berkualitas akan abadi sepanjang masa.

Maju terus musik Indonesia!

Salam, Riski Diannita.


Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia ~ Oktober 2018

Sumber:
Wikipedia.com
https://www.brilio.net/musik/sabrang-noe-lagu-letto-tidak-ada-yang-tidak-religi-170605e.html

Gambar: https://www.hipwee.com/list/10-lagu-tahun-2000an-yang-masih-enak-untuk-didengarkan-mari-kita-bernostalgia-bersama/

How do you react to this story?



275 Like 1K+ Views   9 Repost 

Read more

Anda akan mendapatkan benefit jika saat mengunjungi konten ini dalam keadaan LOGIN . Silakan LOGIN atau DAFTAR untuk mendapatkan benefitnya.

Login untuk meninggalkan komentarmu

Loading